23 Oktober 2011

Kopi

Kalian udah tahu yang namanya "Kopi" kan, Minuman yang sudah dikenal masyarakat ini.
Ini nih aku mau bagi bag info tentang "Kopi"
Kopi adalah sejenis minuman yang berasal dari proses pengolahan dan ekstraksi biji tanaman. Tanaman Kopi pastinya.
Kata kopi tuh berasal dari bahasa arab,qahwah yang artinya kekuatan. Dan diserap Turki jadi kahveh dan diserap lagi oleh Belanda, Jadi Koffie. Karena orang Indonesia sukanya sama yang simpel, namanya jadi KOPI. Gak susah susah
Lha sing pembarep nemokaken manfaatipun kopi niku bongso Ethiopia. Eh kok bahasanya berubah. Maksud saya, penemu pertama manfaat dari kopi ialah dari bangsa Ethiophia . Bangsa Ethiophia menemukan bahwa kopi mengandung energi yang besar. Dan terus berkembang sampai sekarang.
Kopi memiliki sejarah yang panjaaaang . Tapi di Wikipedia udah ada. Jadi cari aja di sana ( Bilang aja males nulis ^_^ ) 

Biji Kopi
Meski biji kopi banyak sekali, hanya ada dua varietas utamanya.
Yaitu Arabika dan Robusta, Mereka (dua kopi itu) memiliki peminat dan keunikan sendiri sendiri. 
Tapi sekarang kita bahas biji kopi yang marak diperbincangkan saja dulu. Yaitu Kopi luwak. Katanya "This Coffee is so perfect" . Itu yang dapat saya ungkapkan. Karena rasanya yang maknyus (Ktanya siih , Soalnya belum nyobak) . Tapi dari harganya "Capeek deeh", Mahal . Tapi ini cocok dengan rasa yang mantabb. 
Pecinta kopi pasti suka sama yang satu ini (Kopi Luwak). Soalnya Kopi ini memiliki cita rasa tersendiri di berbagai daerah. Di Meksiko pasti tidak sama dengan di Indonesia, Dan paling membanggakan adalah Kopi Luwak ini  yang paling enak and mahal (HUH mahal) itu di Indonesi (W.O.W). 
Tapi bagi yang tidak tahu, ternyata nama kopi ini cocok dengan asalnya . Yaitu dari Binatang yang namanya Luwak. (Ini di bahas di posting berikutnya,Insyaallah )

Jenis Minuman Kopi
Kopi tidak hanya yang item aja. Ada banyak pengolahannya juga. Kaya ini niih

  • Kopi hitam, merupakan hasil ektraksi langsung dari perebusan biji kopi yang disajikan tanpa penambahan perisa apapun.
  • Espresso, merupakan kopi yang dibuat dengan mengekstraksi biji kopi menggunakan uap panas pada tekanan tinggi.
  • Latte (coffee latte), merupakan sejenis kopi espresso yang ditambahkan susu dengan rasio antara susu dan kopi 3:1.
  • Café au lait, serupa dengan caffe latte tetapi menggunakan campuran kopi hitam.
  • Caffè macchiato, merupakan kopi espresso yang ditambahkan susu dengan rasio antara kopi dan susu 4:1.
  • Cappuccino, merupakan kopi dengan penambahan susu, krim, dan serpihan cokelat.
  • Dry cappuccino, merupakan cappuccino dengan sedikit krim dan tanpa susu.
  • Frappé, merupakan espresso yang disajikan dingin.
  • Kopi instan, berasal dari biji kopi yang dikeringkan dan digranulasi.
  • Kopi Irlandia (irish coffee), merupakan kopi yang dicampur dengan wiski.
  • Kopi tubruk, kopi asli Indonesia yang dibuat dengan memasak biji kopi bersama dengan gula.
  • Melya, sejenis kopi dengan penambahan bubuk cokelat dan madu.
  • Kopi moka, serupa dengan cappuccino dan latte, tetapi dengan penambahan sirup cokelat.
  • Oleng, kopi khas Thailand yang dimasak dengan jagungkacang kedelai, dan wijen.





Banyak khan...




Untuk kali ini udah dulu ya, Lagi males nerusin nulis. Aku terusin di posting selanjutnya yaw... Dadabyebye ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dapatkan Lebih baru