14 Juni 2012

Optimalkan Load Blog

Hai kawan blogger ^^. Kemarin saya sudah posting tentang cek kinerja blog anda. Pasti sahabat sekalian sudah mengetahui mana yang membuat blog kita berat dari hasilnya. Jika belum mencoba bisa anda coba dahulu. Dati ini kan kita bisa tahu darimana berat load itu. Mungkin itu dari widget kita ataupun dari gambar-gambar yang ada.
Kini saya akan membagi mungkin sharing kepada kawan blogger sekalian, Walaupun saya belum lama ngeblog (Ngeblog yang benar serius maksud saya). Tapi sudah lumayan belajar sedikit tentang optimisasi lah. :-D
Ini mungkin yang dapat saya bagi kepada sobat sekalian.

1. Mencompress Template blog
Hah mengcompress  template blog, apa bisa. Tapi ini bukan di compres pake es atau air hangat lho. Ini lebih ke pengoptimalan HTML Template.

Ini berguna lho bagi blog anda. Mungkin awal-awal saya membaca dulu katanya ada yang bilang kita hapus spasi di HTML Template kita. Tapi kalau dihapus manual ya bisa menghabiskan waktu beberapa abad. ^^ Terus bagaimana . Solusinya yaitu menggunakan jasa orang ketiga atau website bantuan.


Caranya masuk ke pengaturan HTML blog anda , blok semua code HTML anda, dan copy.
Setelah itu masuk ke text fixer . Pastekan di tempat yang disediakan, lalu klik di compress HTML (Bagi yang tidak mau HTML headnya di compress bisa centang pada tulisan "Don't compress HTML head")
Maka sudah ada hasilnya di form hasil . Hasil siap dinikmati, alias di posisikan untuk mengganti html yang lama.

2. Mencompress Gambar
Yang kedua tetap pada bahasan pemngkompresan bahan. Tapi kali ini adalah mengkompres foto atau gambar. Secara tidak langsung, gambar juga mempengaruhi, mungkin kalau satu gambar masih 45 kb, tapi kalau ada banyak gambar bagaimana. Kalau tidak ada gambar juga kita sebagai blogger punya blog tanpa gambar juga tidak menarik.


Ada dua cara untuk mengkompres gambar/foto anda. Pertama kompres secara online (salah satu penyedianya adalah http://jpeg-optimizer.com/) . Kedua menggunakan program optimisasi gambar.

3. Buang widget yang tidak perlu
Yang ini juga penting (Perasaan semua penting). Buang widget-widget yang tidak perlu. Selain bisa memperberat blog/website anda, juga bisa memperburuk tampilannya jika over . Tidak maukan pengunjung segera pergi menjauh. Dan berakhir rating blog kita yang jelek. -_-"


Itu saja mungkin yang dapat saya bagi untuk saat ini. Akan saya sambung di kemudian hari jika saya mendapat ilmu lagi. Maka akan saya bagi ke kawan semua lewat blog ini. ^^

Terimakasih dan mohon Kritik dan Sarannya untuk kebaikan blog ini. dan jangan copas tak bertanggung jawab ya :-)
Salam Blogger ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar